Al-Qur’an BAGAIKAN Dinosaurus

Anda pasti mengenal Dinosaurus…..?. Binatang Purba yang melegenda, ia hidup di jaman Purba, dan tidak akan pernah hidup lagi di jaman sekarang. Keberadaannya hanya di museum, itupun berupa tengkoraknya. Dinosaurus asyik menjadi tontonan anak-anak juga orang dewasa, digambarkan sebagai sosok binatang yang menakutkan, di film-film digambarkan sebagai pemakan manusia.

Apakah anda setuju, bila nasib AL-QUR’AN tak ubahnya Dinosaurus di jaman kini ?. Al-Qur’an hanya jadi bahan bacaan (tilawah, tahsin diperbagus bacaannya, tajwid, diperlombakan dalam MTQ, diKhotamkan). Mushafnya yang kini berbentuk Kitab, hanya jadi bahan pajangan, hurufnya diperindah dengan kaligrafi, bentuknya dibentuk sedemikian rupa, ada Al-Qur’an terbesar, terkecil ukurannya…!. Terjemah dan maknanya hanya jadi bahan kajian, diskusi, seminar, diperdebatkan/bukan diamalkan. Walau diamalkan hanya bersifat parsial (dibidang ritual/ubudiyah saja). Sementara dalam kehidupan lain (Ipoleksosbudhankam), tidak berpedoman kepada Al-Qur’an.

Dan yang paling miris, dijadikan bahan komoditas politik (dalam kampanye perang dalil), dan dimanfaatkan ahli Tahayul (dibakar mushafnya, kemudian abunya dibuat kopi, naudzubillah). Ada lagi seorang mantan menteri Agama (Almarhum), pernah mengatakan Al-Qur’an sudah tidak relevan, maka perlu Reaktualisasi Al-Qur’an, diantaranya warisan harus dibagai rata antar perempuan dan laki2).

Seandainya terlaksana Al-Qur’an hanya dalam cerita-cerita sejarah, lelakon-lelakon penceramah. sementara dalam kehidupan sehari-sehari…..?.

Seandainya Umat Islam melaksanakan Al-Qur’an, maka bangsa Indonesia-lah yang paling maju, karena bangsa Indonesia mayoritas berpenduduk muslim. Tapi kenyataannya, terkorup, pengirim TKW (bermasalah lagi), kejahatan merajalela dalam berbagai bidang, ekonomi semakin sulit.

Kita merindukan Al-Qur’an berlaku di bumi pertiwi ini, walaupun kehadirannya akan menakutkan layaknya Dinosaurus apabila dihidupkan bagi orang-orang musyrik. Sehingga tidak mengherankan bila mereka menuduh teroris kepada orang-orang yang hendak menegakkan terlaksananya Al-Qur’an. Sebagaimana firmannya, ” Dialah yang telah mengutus seorang RasulNya (Muhammad) dengan membawa petunjuk (Al-Qur’an) dan Dien yang yang Haq, untuk diunggulkan atas segala Dien, walaupun orang-orang Musyrik tidak menyukai”. (Qs At-Taubah [9] : 33).

11 thoughts on “Al-Qur’an BAGAIKAN Dinosaurus

  1. saya setuju nilai Al Quran harus hidup dalam gerak Ipoleksosbudhankam dan psikologis, dan bathin kita setiap denyut, setiap detik. Tapi saya kurang sreg kalau politik selalu harus jadi head line dalam kehidupan kita. Degradasi manusia sudah di ramalkan dalam Hadist kanjeng Nabi, bahwa suatu saat umatnya akan bagai buih di laut. Dan puncak dari seluruh rekayasa Iblis, Qorun, Yahudi, konspirasi Mossad, kapitalisme materialistik, pengusaan media picek akhirnya dan ujungnya Dajjal bakal di bunuh nabi Isa. Solusi kita adalah selalu senantiasa waspada. Temukan kembali siapa sang diri, dia mau kita bawa kemana.

    • saha kang nu teu malalikir ?????
      emang salira tos ngaraos jalmi nu mikir cik buktoskn tong hararuntu wae`…..eta nembe` Islam abi oge org islam ttp we` msih bljr…..

  2. Orang2 menggangap Al-Qur’an bagaikan dinosourus.alangkah bodohnya umat islam yg mengatakan begitu.apakah mereka tdk mengetahui bahwa sesungguhnya Allah maha mengetahui Maha mendengar apa yg mereka perbuat dan apa yg mereka katakan.janganlah begitu.kalau skiranya ada orang islam mengatakan Al-Qur’an bagaikan dinosurus.sama artinya dia menghina Allah.karena Al-Qur’an adalah kalamullah (firman2Nya Allah atau perkataan2Nya Allah).dan apa yg diceritakan didalam Al-Qur’an benar2 terjadi akan kebenarnya.memang Al-Qur’an menceritakan zaman dahulu kala,tapi zaman skrng juga akan kena sindiran seperti yg ada pada zaman dahulu.sy akan kasih contoh maka cermatilah dgn baik,contoh pada zaman nabi Nuh pernah terjadi banjir besar akibat kdurhakaan kaum nabi Nuh as yg menentang dakhwa nabi Nuh untuk mentauhidkan & beribadah hanya kepada Allah.lalu bagaimana dengan terjadinya tsunami di Aceh.lalu bgmn dgn zaman nabi Luth kaumnya itu melakukan homosexual bahkan dinamakan kaum sodom.nah bagaimana zaman skarang ada yg melakukan sodomikan.dan masih banyak yg lainnya yg blm disbutkan contohnya.bagi siapa ia mengatakan bahwa Al-Qur’an itu bagaikan dinosaurus.bila yg mengatakannya orang islam,maka ia termasuk orang islam munafiq atau bisa juga ia menjadi kafir karena meremehkan kalamullah (Al-Qur’an).lihat aja Al-Qur’an oleh orang kafir(non islam) dibakar.coba lihat aja surat al-baqoroh.biasanya yg meremehkan itu orang kafir dan orang munafiq.lalu ada orang islam tasyabuh(mengikuti)orang kafir maka orang islam tersebut di samakan/dikelompokan dgn orang kafir trsbt.sebagaimana Rasulullah saw bersada:man tasyabaha diqoumin fahuwa minhum yg artinya:barang siapa yg menyerupai suatu kaum maka ia termasuk golongan dari mereka(al hadits)

    • @Muhammad satam

      Kang, maaf kalo yang saya tangkap dari bacaan di atas..
      dinosaurus di atas itu,,lebih di tekankan kepada perumpamaan saja pada zaman sekarang ini..
      bukan berarti Alqur’an=dinosaurus..

      Justru yang saya rasa juga demikian,,bahwa alQur’an pada zaman ini hanya jadi bahan bacaan (tilawah, tahsin diperbagus bacaannya, tajwid, diperlombakan dalam MTQ, diKhotamkan). Mushafnya yang kini berbentuk Kitab, hanya jadi bahan pajangan, hurufnya diperindah dengan kaligrafi, bentuknya dibentuk sedemikian rupa, ada Al-Qur’an terbesar, terkecil ukurannya…!. Terjemah dan maknanya hanya jadi bahan kajian, diskusi, seminar, diperdebatkan/bukan diamalkan. Walau diamalkan hanya bersifat parsial (dibidang ritual/ubudiyah saja). Sementara dalam kehidupan lain (Ipoleksosbudhankam), tidak berpedoman kepada Al-Qur’an.
      seperti yang penulis sebutkan di atas.

      ia jadi seperti itu,,jadi saya lebih menangkap,,dinosaurus diatas sebagai perumpamaan saja..
      bukan dalam artian alqur’an=dinosaurus..

      tapi menurut penulis seperti apa,,kita simak aja nanti rekomen selanjutnya dari beliau..

      terimakasih..

  3. @Muhamad Satam
    Mohon dibaca secra teliti lagi maksud tulisan saya diatas…, betul apa yang dikomentari @ muslimah…bahwa al-Qur’an = Dinosaurus itu adalah perumpamaan orang2 isam kbnanyakan skrang mnganggap al-Qur’an seperti anggapan mereka trhadap Dinosaurus…., Naudzubillah kalau sy sampai mnyaamakan al-Qur’an dngan Dinosaurus….
    Jadi sbelum berkomntar mohon dibaca dulu secara teliti dan objektif…jangan hnya judul nya saja….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s