Lagu Bubuy Bulan & Balonku, lagu Propaganda Komunis?

Di jaman jaya-jayanya di era Orde Lama, kaum komunis yang tergabung dalam Partai Komunis Indonesia (PKI) rajin membuat propaganda, diantaraanya melalui lagu-lagu ciptaan seniman-senimannya. Diantaranya lagu yang terkenal, dan lagu ini juga yang dinyanyikan Gerwani di lubang Buaya ketika terjadi pembantaian terhadap 7 Jenderal Revolusi, “Ini dadaku, mana dadamu,,, hancurkan kepala batu”

Bagi masyarakat Jawa Barat, mungkin sudah tidak asing lagi dengan bait lagu sunda lawas yang dikarang Benny Corda dan Djuhari berikut ini,

Bubuy bulan
Bubuy bulan sangray bentang
Panon poe
Panon poe disasate

Unggal bulan, unggal bulan
Unggal bulan abdi teang

Unggal poe,unggal poe
Unggal poe oge hade

Situ Ciburuy
laukna hese dipancing
Nyeredet hate
Ningali ngeplak caina

Duh eta saha nu ngalangkung
unggal enjing
Nyeredet hate
Ningali sorot socana

Coba kita perhatikan bait lagu diatas, disana ada kalimat Bubuy bulan yang artinya Bulan dibubur, Sangray bentang artinya Bintang digoreng diatas kuali tanpa minyak goreng.  Tahukan anda di Jaman Orde Lama Komunis yang berlogo Palu Arit sangat membenci sekali golongan islam, khususnya yang diwakili Masyumi dan NII yang berlambang Bulan Bintang . Dengan dikarangnya lagu diatas diindikasikan ada unsur kesengajaan untuk menyerang Golongan Islam dengan menghinakan lambangnya, yaitu Bulan dibubur sampai betul-betul lembek tak enak dimakan, begitupun Bintang digoreng tanpa minyak goreng lagi. ???????

Lalu perhatikan juga Lagu anak-anak karangan AT Mahmud, Balonku

Balonku ada lima
Rupa-rupa warnanya
Hijau, kuning, kelabu
Merah muda dan biru
Meletus BALON HIJAU DOR!
Hatiku sangat kacau
Balonku tinggal empat
Kupegang erat-erat

Komunis dengan PKI-nya disamping Palu Arit sebagai logo nya, juga MERAH adalah warna kebesarannya. Sedangkan Golongan Islam disamping Bulan Bintang sebagai lambang, HIJAU warna kebanggaannya. Lalu Balonku diatas kenapa Warna Hijau yang dipilih meletus, bukan warna kuning, kelabu, Merah muda atau Biru???,

coba perhatikan komentar seseorang berikut ini,

ane masih penasaran nih gan? siapa yang nyiptain lagu balonku
agama beliau apa ya gan?

sekedar berfikir.

balonku ada lima
rupa-rupa warnanya
hijau kuning kelabu
merah muda dan biru
meletus balon “HIJAU”

” kenapa harus balon hijau ya gan? itu kan warna syurga! ”

Mari kita yang mencintai agama Allah ini bersama-sama mencari tahu kebenarannya, siapa dan apa maksud menciptakan lagu diatas, jangan sampai karena ketidak tahuan kita, kita latah menyanyikan lagu-lagu musuh islam yang berindikasi propaganda diatas, apalagi sampai mengajarkannya lagi kepada anak-anak kita yang semestinya diajarkan untuk mencintai agamanya ini.

18 thoughts on “Lagu Bubuy Bulan & Balonku, lagu Propaganda Komunis?

  1. absurd, Bubuy Bulan (Situ Tjiburuj) adalah lagu yang diciptakan oleh Benny Corda seorang seniman Philipina (bukan orang sunda) dan dilantunkan oleh Titik Puspa (penyanyi Orba, dan bukan orang Sunda). Lagu ini direkam di Philipina (pro Amerika banget nih negara). Benny Corda menciptakan lagu ini karena terpesona keindahan situ Ciburuy di Padalarang yg masa itu memang sangat indah (sekarang sudah ancurr…)

    bubuy itu artinya bukan dibubur, tapi “bubuy” itu artinya memasak sesuatu dengan menempatkan makanan (biasanya umbi-umbian) dekat api (biasanya dibawah) sehingga makanan menjadi matang tapi tidak terbakar, misalnya ubi

    jadi tolong jangan mengada-ada, kalau tidak didukung fakta yang jelas, itu fitnah namanya, dan itu dosa besar…dan menimbulkan kebencian yang tidak perlu

  2. perlu di kaji kembali simbol bulan bintang karna orang orang penyambah berhala dan kaum pagan memakai simbol yg sama sedangkan RosuLLOh tidak pernah memakai simbol tersebut

  3. GANTI AJA BALON KU DENGAN KUCINGKU
    ANAKKU UDAH HAMPIR HAFAL KOK LAGU KUCINGKU NIH LIRIKX:

    K.U.C.I.N.G.K.U *)
    —————

    Kucingku ada lima
    Rupa-rupa bulunya
    Jingga Kuning Kelabu
    Hitam Putih Berpadu

    Menangkap Tikus Kotor DOR!
    Hatiiku sangat Bangga

    Kucingku Memang Hebat!
    Tikur Kotor diBabat! CIAaat!

    *) Ini lagu untuk memperingatkan negeri ini yang penuh dengan tikus2 kantor yang kotor karena punya maqom koruptor! Na’udzubillahi in dzaalik…

  4. eh, goblok! kamu itu sembarangan jadi orang ya. lagu bubuy bulan dan anak-anak kok digolongkan sebagai lagu komunis. apa yang ada di isi otak mu? asal tuduh tak buat kamu menjadi benar tapi semakin salah. tolong lah kalau mau menulis sesuatu itu (terlebih lagi ada kaitannya dengan sejarah) dilakukan observasi dulu yang lebih detail dan bukannya asumsi sendiri. memaknai karya orang kok sembarangan. TOLOL! yang bengkok ya perlu diluruskan, kalau perlu ya dengan pedang. wassalam

  5. dasar sok tau nih…klo mw nulis fiksi..mending bikin novel….
    komunis ga membenci islam kok…
    kbetulan partai yang 2terkuat waktu itu masyumi…jadi bersaing deh..jngan di lebih2kan lah..klo ga tau..mending cari tau dulu…
    tau ga knapa film g30s ga di tayangin lagi??????
    soalnya sbagian isinya bohong…

  6. izin comment tapi gak pake otot kan kita orang beradab…..
    perasaan ane lagu balon ku gak gitu deh lirik nya

    (versi Admin)
    balonku ada lima
    rupa-rupa warnanya
    hijau kuning kelabu
    merah muda dan biru
    meletus balon “HIJAU”

    TAPI

    (versi guru TK ane)
    balonku ada lima
    rupa-rupa warnanya
    merah kuning kelabu
    merah muda dan biru
    meletus balon “HIJAU”

    tapi kalo gak ad balon hijau g mana bisa meletus ya…..????
    tambahbingung.com

  7. he..he.. ada-ada aja ya…. kalo disambung-sambungin kayaknya semua juga bisa nyambung, tapi kalo memvonis sesuatu tu harus dengan fakta dan bukti yang bisa dipertanggung jawabkan, jangan asal dikira-kira aja…..

  8. lagu genjer2 juga di sebut lagu komunis, hanya karena di nyanyikan olh gerwani dlm film propoganda g30s yg katanya hanya sebuah film kebohongan. padahal yg bikin bukan komunisme tapi ORANG yg bergabung dengan lekra(underbow PKI). bagai mana jika saya buat lagu, lantas lagu saya dinyanyikan psikopat yg sedang menyiksa orang lain, apa saya juga akan di samakan bersalah hanya karena seorang psikopat tadi mnyanyikan lagu saya? saya hanya menikmati lagu, tiap orang punya makna sendiri tentang apa yg ia dengar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s